Kualitas Tidur Yang Baik

Setahu aku kualitas tidur yang baik adalah tidur dalam jangka waktu 6-8 jam. Tapi ternyata kualitas tidur yang baik tidaklah hanya dari berapa lama kita tidur pada malam hari, tetapi juga ada hal lain yang perlu kita tahu.

Sedikit informasi yang kita tahu memang ngga selamanya salah, tapi akan lebih baik kalo kita tahu apa yang lebih baik untuk kita. Misal nih, sebulan terakhir ini aku selalu tidur di atas jam 12 malam. Apa ada kerjaan yang penting aku lakukan? Ngga ada. Sesiapnya aku di kamar tidur selalu udah di atas jam 12 malam. Tadinya aku mikir besok aku bakal lebih awal tidurnya, tapi engga. Justru malah jadi paten. Makanya aku coba searching, tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik itu seperti apa.

Sumber: Google.com
  1. Membiasakan Tidur Secara Rutin. Membiasakan tidur pada jam-jam tertentu secara rutin sangat efektif dalam membantu kita dalam memperbaiki kualitas tidur. Misalnya kita menetapkan jam mulai tidur pukul 22.00 dan bangun jam 05.00. Maka hal tersebut harus dilakukan secara rutin. Hal tersebut juga berlaku di waktu libur. Jangan mentang-mentang libur maka kita bangun seenaknya meskipun harus kesiangan. Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu kita untuk bangun pada waktu yang sama pula.
  2. Memperbaiki Pola Makan dan Memperbanyak Gerak. Mulai saat ini sebaiknya kita mulai mengurangi konsumsi kopi, minuman ringan maupun cokelat. Begitu juga sebaiknya mengurangi makanan-makanan pedas yang akan mengganggu perut kita menjadi mulas dan konsekuensinya mengganggu jam tidur kita juga. Dengan memperbanyak gerak, misalnya dengan berolahraga atau pergi ke tempat gym secara terjadwal dalam setiap minggunya, juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Berolahraga sangat membantu dalam menurunkan tingkat stres dan juga meningkatkan vitalitas.
  3. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol. Kebiasaan merokok disinyalir banyak berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Merokok dapat memperburuk apnea tidur dan gangguan pernapasan lainnya yang bisa menyebabkan sulitnya tidur. Harus diketahui bahwa alkohol dapat mengganggu pola tidur dan gelombang otak yang membuat kita merasa segar di pagi hari. Orang yang terbiasa minum alkohol akan mengalami gangguan waktu tidur sehingga kualitasnya menjadi rendah.
  4. Membuat Ruangan Tidur Senyaman Mungkin. Cara ini bisa kita lakukan untuk memperoleh kualitas terbaik dari tidur kita. Biasanya banyak orang yang betah dengan suasana yang nyaman dan bersih. Begitu juga rasa nyaman tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur kita agar tidur nyenyak. Coba bayangkan tidur di kasur yang empuk, ber-AC, selimut yang nyaman, suasana tenang, dan lainnya.
  5. Menjauhkan Binatang Peliharaan dari Kamar. Usahakan supaya binatang peliharaan seperti kucing, marmut, anjing sekalipun kita sangat menyayanginya untuk dijauhkan dari tempat tidur karena berpotensi untuk mengganggu tidur kita. Ada sebuah studi yang menemukan bahwa 53 persen pemilik hewan peliharaan memiliki pengalaman gangguan tidur setiap malamnya yang disebabkan oleh hewan peliharaannya itu.
  6. Mematikan Lampu Kamar. Hal ini memang relatif, namun kebanyakan orang akan tertidur lelap saat keadaan ruangan kamar gelap. Sebuah penelitian terbaru dari The Ohio State University di Columbus, AS, menemukan bahwa bahkan sejumlah kecil cahaya dari ponsel atau komputer dapat mengganggu produksi melatonin dan mengganggu tidur kita.
Lebih baik jadi tahu daripada ngga tahu sama sekali. Terutama tentang kualitas tidur yang baik ini ya. Yuk mulai perhatikan keseharian kita, biar tambah sehat dan juga kualitas tidur kita lebih baik. :)

#NulisJuga #BelajarMenulis #Day28

Komentar