Jangan Suka Menahan Buang Air Kecil

Beberapa kali aku perhatikan ada orang-orang di sekelilingku yang suka menahan buang air kecil. Waktu kecil aku juga suka nahan buang air kecil. Tapi mulai ngga pernah bahkan sekarang aku adalah tipikal orang yang ngga mudah nahan buang air kecil. Semenjak Om-ku opname karena penyakit ginjal yang salah satunya disebabkan oleh suka nahan buang air kecil. Ternyata menahan buang air kecil itu ngga baik loh. Banyak penyakit yang bisa dateng gara-gara suka nahan buang air kecil.

  1. Infeksi Pada Ginjal. Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal.
  2. Gagal Ginjal. Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal.
  3. Batu Ginjal. Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan kristal-kristal garam, yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak. 
  4. Infeksi Kandung Kemih. Urin merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan menumpuknya urin, akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang menempel pada bagian kandung kemih. 
  5. Infeksi Saluran Kencing. Sama seperti infeksi pada kandung kemih, infeksi pada saluran kencing juga dapat terjadi karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Infeksi pada saluran kencing juga memiliki gejala-gejala yang sama dengan infeksi kandung kemih
  6. Anyang-Anyangan. Anyang-anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang-anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda-tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.
Nah jadi jangan suka menahan buang air kecil ya. Dan jangan lupa untuk minum air putih atau air mineral yang cukup. Semoga kita selalu diberikan kesehatan. :)

#NulisJuga #BelajarMenulis #Day21

Komentar